Selasa, 27 Mei 2014

Tempat Wisata Pantai Sindangkerta





PANTAI SINDANGKERTA





Pantai Sindangkerta merupakan salah satu tempat untuk berwisata pada musim libur, banyak wisatawan wisatawan lokal yang datang ke pantai sindangkerta untuk berlibur bersama keluarga. Pantai Sindangkerta ini berada di wilayah Jawa Barat, Kabupaten Tasikmalaya, Kecamatan Cipatujah, Desa Sindangkerta. Pantai Sindangkerta merupakan salah satu tempat tujuan dari beberapa tempat yang di jadikan tempat wisata keluarga, diantara nya Pantai Cilaut Ereun, Pantai Cipatujah, Pantai Pamayangsari dan Pantai Pangandaran.

Ada dua tempat wisata di pantai sindangkerta, yaitu :
 
1.      Taman Lengsar
Taman Lengsar biasanya dijadikan tempat untuk berenang para wisatawan, karena di taman lengsar ini memiliki wahan air yang cukup luas untuk di jadikan tempat berenang, selain itu di taman lengsar ini juga memiliki terumbu karang yang luas. Pada saat laut sedang surut terumbu krang ini bisa di jadikan untuk tempat bermain sambil melihat keindahan biota laut yang ada di sana. Biota laut yang hidup di terumbu karang ini diantaranya beberapa jenis ikan hias, bulu babi (Echinoidea), Bintang Ular (Ophiuroidea), keong laut, kerang – kerangan, udang, bahkan beberapa jenis rumput laut dll.

2.      Taman Saut
Taman Saut biasanya di jadikan sebagai tempat makan – makan keluarga, karena di taman saut ini terdapat tempat –tempat yang di sediakan untuk tempat makan bersama keluarga, di taman saut ini juga memiliki wahana air, tetapi tidak seluas wahana air di taman lengsar. Taman saut ini juga memiliki terumbu karang yang cukup luas, biota laut yang hidup di terumbu karang nya juga tidak beda dari terumbu karang yang ada di taman lengsar.



Di pantai sindangkerta ini sudah terdapat pasilitas yang telah di sediakan oleh pemerintah setempat, diantaranya saung – saung kecil yang di sediakan untuk tempat beristirahat para wisatawan, menara pengawas untuk mengontrol para wisatawan yang sedang berenang, ada juga jalan khusus yang di sediakan untuk para wisatawan berjalan kaki di sepanjang pantai. Selain pasilitas dari pemerintah para masyarakat di sekitar pantai pun ikut berpartisipasi dalam membangun dan menyediakan  pasilitas di sepanjang pantai, diantaranya membangun warung – warung di sepanjang pantai, menyediakan penyewaan perahu ban yang bisa di gunakan para wisatawan untuk bermain di wahana air.

Pada waktu tertentu di pantai sindangkerta ini biasanya di adakan kegiatan kebudayaan khas dari masyarakat setempat yang di sebut dengan Hajat Lembur Mapag Tahun. Kegiatan ini biasanya di lakukan pada saat menyambut tahun baru, yaitu tanggal 1 Januari. Selain kegiatan hajat lembur juga biasanya di adakan kegiatan hiburan lainnya, diantaranya Trail Adventure yang di sediakan khusus bagi para pecinta adventure dengan motor trail, lomba menyayi, parade band, bahkan pada saat malam akan menyambut tahun baru di adakan hiburan dari artis – artis local.

Selain tempat berwisata, di pantai sindangkerta juga terdapat tempat penangkarang penyu yang ada di dalam kawasan Suaka Margasatwa Sindangkerta yang ada di bawah Kementrian Kehutanan. Tempat penangkaran ini berada di daerah Tegal Sereh sekitar ± 10 menit dari pantai sindangkerta. Penangkaran ini biasanya di pakai sebagai tempat untuk penelitian, selain penelitian bagi para wisatawan bisa juga masuk ke tempat penangkaran tersebut untuk melihat – lihat penyu yang ada di dalamnya. Pada waktu tertentu biasanya ada kegiatan pelepasan Tukik (anak penyu) ke laut, kalau para wisatawan sedang ada di penangkaran pada saat kegiatan pelepasan tukit tersebut, wisatawan bisa ikut serta dalam kegiatan pelepasan tukik.



 
      



Rute yang bisa di pakai untuk para Travelling dan wisatawan :

1.   Terminal Bandung – Terminal Tasikmalaya (Indihiang) – Ngambil Jurusan Tasikmalaya ke Pamayangsari (  sebelum sampe pamayangsari berhenti di Lapangan bola Sindangkerta, disitulah gerbang masuk ke Pantai Sindangkerta).
2.    Terminal Bandung – Terminal Pangandaran – Ngambil Jurusan Pangandaran ke Sancang ( sebelum sampe  Sancang minta turunin di lapangan bola Sindangkerta, di situlah gerbang masuk ke Pantai Sindangkerta).


Semoga Bermanfaat.





2 komentar: